BERITAMUSI.COM – Jakarta. Minum obat antihipertensi adalah cara utama menurunkan darah tinggi. Selain obat antihipertensi, pasien darah tinggi juga harus menjalankan pola hidup sehat, terutama dengan konsumsi sayuran penurun darah tinggi.

Sayuran yang terkenal sebagai penurun darah tinggi antara lain wortel, bayam, brokoli, seledri, dan paprika merah. Makan sayuran penurun darah tinggi bisa membantu obat antihipertensi menjaga tekanan darah agar tidak kembali melonjak tinggi.

Pengidap darah tinggi atau hipertensi perlu menjalankan pola makan sehat yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu diet yang pas dijalankan penderita darah tinggi untuk keseharian adalah diet DASH atau dietary approaches to stop hypertension.

Pola makan ini arahannya makan lebih banyak sayur, buah, protein rendah lemak, serta asupan tinggi magnesium, kalium, dan kalsium.

Semua sayuran umumnya kaya serat dan bisa membantu mengelola kadar tekanan darah agar tetap stabil. Berikut beberapa sayuran penurun darah tinggi yang terbukti ampuh:

1. Seledri

Pertama, sayuran penurun darah tinggi adalah seledri. Kandungan senyawa phthalides dalam seledri membuat makanan kaya serat ini termasuk sayur untuk menurunkan darah tinggi.

Senyawa ini dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Berbeda dari wortel yang lebih baik dikonsumsi mentah untuk penderita hipertensi, seledri lebih baik dimasak agar signifikan membantu menurunkan darah tinggi.

Baca juga: Tanpa obat, simak cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami

2. Bayam

Bayam termasuk sayuran penurun darah tinggi yang ampuh. Bayam baik untuk penderita darah tinggi karena banyak mengandung senyawa nitrat, kalium, kalsium, dan magnesium.

Dalam sebuah penelitian yang meneliti 27 penderita hipertensi, orang yang rutin makan sayur bayam selama tujuh hari memiliki kadar tekanan darah yang lebih terkontrol. Selain menurunkan tekanan darah, bayam juga bermanfaat untuk mencegah arteri kaku dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

Simak daftar sayuran penurun darah tinggi di halaman selanjutnya



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *