ILUSTRASI. DANA bidik transaksi pembayaran QRIS pada moda transportasi Andong di Yogyakarta.

Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Noverius Laoli

BERITAMUSI.COM –  JAKARTA. Selama masa pandemi, dompet digital DANA memantau adanya peningkatan pada geliat pelaku usaha di berbagai bidang. Hal ini direfleksikan dalam catatan DANA yang menunjukkan pertumbuhan hingga 125% pada mitra usaha yang menggunakan DANA Bisnis dan memanfaatkan QRIS dalam setahun terakhir.

Pertumbuhan itu tidak hanya terjadi di kota-kota besar di Indonesia. DANA juga mencatat bahwa pertumbuhan terjadi cukup merata di wilayah lainnya. Lima provinsi yang mengalami pertumbuhan DANA Bisnis diantaranya adalah Aceh, Sumatra Selatan, Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

Kelimanya menduduki posisi lima teratas untuk provinsi dengan penyerapan DANA Bisnis yang pesat dengan kenaikan tertinggi mencapai lebih dari 700%.

“Sejak awal pandemi kami meyakini akan kapabilitas teknologi digital sebagai solusi yang dapat diandalkan untuk memudahkan masyarakat memenuhi kebutuhannya di tengah keterbatasan dan dinamika yang begitu cepat.

Baca Juga: Prospek cerah, dompet digital ramai-ramai tambah fitur baru

Sebagai tanggap cepat, DANA terus memperbarui fitur yang dimiliki dan memastikan baik pengguna maupun pelaku usaha dapat mengoptimalkan dompet digital kami untuk berbagai aktivitas, termasuk DANA Bisnis,” ujar Vince Iswara, CEO dan Co-Fouder DANA dalam keterangan tertulis pada minggu (21/3).

Berdasarkan data yang dimiliki DANA, jenis usaha yang banyak didaftarkan melalui DANA Bisnis tidak hanya terbatas pada bisnis kuliner dan artisan. DANA justru menangkap tren baru di mana mitra DANA Bisnis yang paling banyak bermunculan berkisar pada jenis usaha hobi, seperti toko hobi dan gim, tanaman, hingga jasa.

 Lonjakan pertumbuhan yang terjadi dalam DANA Bisnis didukung oleh sinergi yang tepat antara DANA dan pemerintah serta kepercayaan masyarakat terhadap transaksi digital yang kian menguat. Meski pembatasan kontak fisik masih diterapkan, DANA tetap memaksimalkan upaya-upaya edukasi secara daring untuk UMKM melalui berbagai program. Salah satunya Kelas DANA Bisnis yang merupakan pelatihan berkelanjutan bagi mitra DANA Bisnis untuk memajukan usahanya.

 Upaya DANA untuk ikut menggerakkan roda perekonomian selama pandemi pun tidak berhenti sampai di sana. Sejumlah inisiasi lain juga sempat dihadirkan untuk membantu pengguna dalam beraktivitas.

Baca Juga: Persaingan Bisnis Dompet Digital Semakin Kental

Misalnya, DANA menghadirkan DANA Siaga Covid-19 yang bertujuan untuk memudahkan akses pengguna dalam memperoleh beragam informasi edukatif terkait COVID-19, melakukan diagnosis kesehatan secara mandiri, hingga melakukan donasi digital guna membantu penyediaan alat pelindung diri (APD) untuk tenaga kesehatan, serta pembiayaan pengobatan masyarakat yang terdampak COVID-19.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *