ILUSTRASI. PT Kencana Energi Lestari Tbk (KEEN).

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. PT Kencana Energi Lestari Tbk terus mengawal pengerjaan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) Madong di Sulawesi Selatan. Emiten berkode saham KEEN tersebut menargetkan, pengerjaan konstruksi PLTM Madong sudah bisa rampung pada tahun ini.

Kalau tidak ada aral melintang, PLTM Madong diharapkan bisa masuk ke tahap commercial operation date (COD) alias beroperasi komersial pada awal tahun depan dan mulai berkontribusi pada penjualan listrik perusahaan.

“Kami terus upayakan agar tahap konstruksi bisa selesai lebih cepat dari yang pada awalnya kami proyeksikan,” ujar Wakil Direktur KEEN, Wilson Maknawi kepada BERITAMUSI.COM, Sabtu (21/3).

Mengutip prospektus perusahaan, PLTM Madong dibangun melalui skema build, own, operate (BOO) dan durasi kontrak power purchase agreement (PPA) dengan PLN selama 20 tahun sejak tanggal COD. 

Baca Juga: Kencana Energi Lestari (KEEN) terus dorong kelanjutan sejumlah proyek EBT

Dibangun di Desa Ma’dong, kecamatan Dende’ Piongan Napo, Kabupaten Toraja Utara, Provinsi Sulawesi Selatan, PLTM Madong menggunakan debit air dari sungai Maiting dengan metode run of river. Dengan kapasitasnya yang sebesar 10 Megawatt (MW), PLTA Madong diproyeksi akan menghasilkan 59,28 GWh per tahun.

Sayangnya, Wilson tidak merinci sudah sejauh mana progres pengerjaan konstruksi PLTM saat ini. Merujuk kepada pemberitaan BERITAMUSI.COM sebelumnya, kemajuan pengerjaan proyek PLTM Madong sudah mencapai 36% pada Oktober 2020 lalu.

Wilson juga masih enggan buka-bukaan soal berapa dana yang disiapkan untuk menyelesaikan pembangunan PLTM Madong secara khusus, maupun dana belanja modal secara keseluruhan yang akan KEEN anggarkan pada tahun ini.

Yang terang, anggaran capex pada tahun ini rencananya dialokasikan untuk mengoptimalisasi pembangkit yang ada serta membiayai pengerjaan konstruksi pembangkit yang tengah dibangun. Selain itu, KEEN juga membuka opsi untuk mengakuisisi proyek pembangkit yang berprospek maupun yang sudah beroperasi. “Konkretnya nanti kami disclose pada saat RUPST,” ujar Wilson singkat.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *