BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Pelaksanaan Vaksinasi untuk warga lanjut usia (lansia) tahap pertama diadakan di Mal Ciputra Tangerang dari tanggal 16 – 27 Maret 2021.  Kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Tangerang yang didukung oleh Ciputra Residence melalui Mal Ciputra Tangerang dan Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang.

Dengan target 3.000 akseptor vaksin, diharapkan kegiatan ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam menyukseskan vaksinasi COVID-19 yang sedang digalakkan oleh Pemerintah Pusat. 

Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar mengatakan, vaksinasi di CitraRaya Tangerang yang dipandu oleh Ciputra Hospital dalam rangka memberikan 3.000 vaksinasi masyarakat Kabupaten Tangerang yang khusus berada di wilayah barat. “Wilayah barat salah satu yang memang menjadi pantauan kita adalah Kecamatan Curug dan Panongan, termasuk Balaraja,” kata Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar. 

Baca Juga: Ini alasan wacana sertifikat vaksin sebagai syarat perjalanan belum bisa diberlakukan

Zaki mengatakan, dari Kabupaten Tangerang mendukung langkah kebijakan presiden dan menteri kesehatan untuk satu juta vaksin. “Minimal di Kabupaten Tangerang bisa melaksanakan 15.000 vaksin satu hari bisa kita laksanakan apabila memang nanti kami diberikan kepercayaan untuk mendapatkan vaksin lebih banyak lagi,” katanya.

“Artinya mulai dari fasilitas Kesehatan, rumah sakit umum dan rumah sakit swasta termasuk dengan sentra-sentra vaksin seperti yang ada di eco mall hari ini, berikut juga dibantu dengan akademik universitas yang ada di Tangerang dengan bersamaan jumlah SDM vaksinator dan juga fasilitas sarana untuk memungkinkan kita melakukan 15.000 vaksin satu hari”, lanjutnya.

Budiarsa Sastrawinata selaku Presiden Direktur Ciputra Residence bilang pihaknya mendukung penuh vaksinasi lansia ini karena merupajan merupakan salah satu wujud kepedulian Grup Ciputra terhadap perjuangan melawan COVID-19. “Kami berusaha menyiapkan segala sumber daya yang bisa kami berikan untuk menyukseskan program ini, sehingga ke depannya masyarakat Indonesia dapat terbebas dari COVID-19.” ujar Budiarsa dalam keterangannya, Minggu (21/3). 

Dengan kolaborasi antar unit usaha di dalam Grup Ciputra ini, diharapkan masyarakat Kabupaten Tangerang dapat segera kembali beraktivitas normal dan geliat ekonomi dapat segera kembali.  “Bila masyarakat sudah terbebas dari COVID-19, maka kita harapkan perekonomian bisa kembali bertumbuh, lapangan kerja kembali terbuka dan masyarakat dapat menjalankan kegiatan dengan lebih leluasa.” lanjut Budiarsa. 

Baca Juga: UPDATE Corona Indonesia, Sabtu (20/3): Tambah 5.656 kasus baru, selalu jaga jarak!

Kegiatan Vaksinasi Lansia ini mendapat dukungan penuh dari tenaga medis Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang, dimana sebanyak 12 tenaga medis dan 10 tenaga non medis diturunkan  setiap harinya dalam pelaksanaan ini. “Kami membuka 8 sampai 10 pos suntikan, untuk mempercepat antrian, target kami 250-500 orang per hari” ujar Direktur Ciputra Hospital CitraRaya Tangerang dr. Ridwan T. Lembong selaku 

Pelaksanaan Vaksinasi ini pun tetap menaati protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Sejak awal masyarakat mendaftar sampai selesai vaksin, semua tahap mengurangi kontak langsung dan menghindari kerumunan. 

“Kami menggunakan link online untuk pendaftaran sehingga masyarakat dapat mendaftar dari rumah mereka masing-masing. Untuk di lapangan, kami membuat jarak fisik antar peserta sejak pendaftaran sampai selesai vaksin. Setiap tempat duduk kami beri jarak 1,5 meter pintu masuk dan di dalam area terdapat handrub, setiap petugas kami memakai APD (Alat Pelindung Diri) lengkap, dan tentunya masyarakat yang hadir harus menggunakan masker dan selalu menjaga jarak.” ungkapnya.

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *