BERITAMUSI.COM – Radang tenggorokan adalah salah satu reaksi tubuh saat Anda terinfeksi virus, seperti flu. Supaya kondisi kesehatan tak semakin buruk, ada beberapa obat radang tenggorokan yang bisa Anda coba.

Dengan begitu, rasa sakit akan berkurang dan aktivitas Anda bisa berjalan seperti biasa. Dan, ada banyak jenis obat yang bisa Anda pilih di apotek.

Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitar Anda. Selain mengobati rasa sakit di tenggorokan, kandungan dalam bahan alami juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Tidak berhenti sampai di situ, umumnya bahan-bahan alami juga tidak menimbulkan efek samping. Jadi, cukup aman untuk anda pakai.

Hanya, jika sakit tenggorokan tak kunjung sembuh, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Baca Juga: 6 Manfaat secang sebagai obat herbal untuk radang tenggorokan sampai asam urat

Teh herbal

Ada banyak jenis teh herbal yang bisa mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Mengutip dari Penn Medicine, teh hijau mengandung banyak antibakteri dan antiinflamasi yang efektif mengobati infeksi.

Jika sakit tenggorokan menyebabkan Anda kesulitan untuk berbicara dan suara menjadi serak, cobalah untuk mengonsumsi teh kamomil. Jenis teh itu mengandung pelumas alami yang baik untuk kesehatan tenggorokan Anda.

Lemon

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat radang tenggorokan adalah lemon. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air hangat yang dicampur dengan 2 sdt air lemon.

Supaya rasanya lebih lezat, Anda bisa menambahkan sedikit madu dalam campuran itu.

Kandungan dalam lemon efektif mengobati rasa sakit dan mengencerkan lendir yang menumpuk sehingga lendir lebih mudah untuk dikeluarkan.

Tidak berhenti sampai di situ, kandungan vitamin C yang ada dalam lemon bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh sehingga infeksi lebih cepat terobati.

Baca Juga: Efektif, yuk konsumsi 6 makanan untuk radang tenggorokan ini

Garam

Menurut Penn Medicine, air garam bisa mengencerkan lendir dan melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Caranya, campur ½ sdt garam dengan 8 ons air hangat. Selanjutnya, gunakan larutan itu untuk berkumur.

Madu

Madu termasuk salah satu obat radang tenggorokan.

Obat radang tenggorokan selanjutnya yang tidak boleh ketinggalan adalah madu. Jenis bahan alami itu mengandung antibakteri yang mampu meredakan peradangan.

Anda hanya perlu minum campuran 2 sdm madu dan teh atau air hangat sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *