BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Salah satu jenis jerawat yang cukup sulit untuk dihilangkan adalah bruntusan atau jerawat kecil di kulit. Bruntusan bisa muncul di bagian kulit mana saja, tapi paling sering muncul di bagian kening. Supaya kondisi kulit tak semakin parah, ada masker untuk menghilangkan bruntusan yang bisa Anda coba.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan munculnya bruntusan. Mulai dari asupan nutrisi sehari-hari yang kurang terkontrol, pola hidup yang kurang sehat, kondisi cuaca dan lingkungan, serta perawatan kulit yang kurang sesuai dengan kondisi kulit Anda sendiri.

Selain mengatasi penyebab-penyebab tersebut, bruntusan juga bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan memanfaat bahan-bahan alami di sekitar Anda sebagai masker. Dengan begitu, kemunculan bruntusan bisa berkurang.

Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak antioksidan sehingga cocok dijadikan masker untuk menghilangkan bruntusan. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak tomat ke kulit wajah. Setelah 15 menit, bilas dengan air dingin.

Baca Juga: 4 Rekomendasi pelembab untuk kulit berminyak, bisa pakai bahan alami

Cuka Apel

Mengutip dari Bebeautiful.in, cuka apel mengandung banyak antibakteri sehingga mampu mengatasi bruntusan secara efektif. Tidak hanya itu, kandungan dalam cuka apel efektif menyeimbangkan pH kulit sehingga kulit kering bisa Anda hindari.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama. Setelah itu, aplikasikan pada kulit wajah. Lakukan langkah-langkah tersebut secara rutin supaya Anda bisa mendapat hasil yang maksimal.

Gel Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai masker untuk menghilangkan bruntusan. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit setiap hari. Kandungan dalam bahan alami itu mampu menenangkan dan meyembuhkan luka akibat bruntusan secara efektif.

Baca Juga: 4 Bahan alami untuk menghilangkan bruntusan di pipi

Lemon

Lemon bisa Anda gunakan sebagai masker untuk menghilangkan bruntusan.

Bruntusan juga bisa hilang dengan memanfaatkan lemon, lo. Namun, Anda perlu menggunakannya di malam hari supaya tak ada efek samping lemon yang bertemu dengan paparan sinar matahari. Setelah mengaplikasikan lemon pada kulit sebelum tidur, bilas sisa lemon di pagi hari saat Anda bangun.

Tea Tree Oil

Bebeautiful.in merekomendasikan tea tree oil untuk menghilangkan bruntusan di wajah Anda. Antibakteri dalam jenis minyak itu mampu mencegah infeksi bakteri dan mempercepat proses hilangnya bruntusan. Namun, pastikan untuk mencamput tea tree oil dengan carrier oil sebelum Anda memakainya, ya.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *