BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Cantengan adalah salah satu bentuk infeksi yang menyerang bagian sekitar kuku Anda. Biasanya, masalah kesehatan itu terjadi di bagian kuku ibu jari kaki. Namun, tak menutup kemungkinan bagian kuku lain juga bisa terinfeksi. Supaya kondisinya tak semakin parah, Anda memerlukan obat cantengan.

Kulit di sekitar kuku akan membengkak, berwarna kemerahan, dan terasa sakit saat Anda mengalami cantengan. Biasanya, pembengkakan itu terjadi akibat penumpukan cairan atau nanah sebagai dampak infeksi.

Tak hanya kontak langsung dengan orang lain yang telah terinfeksi, cantengan juga bisa dipicu karena faktor lain, seperti sistem imun tubuh yang lemah. Jika Anda mengalami masalah kesehatan itu, cobalah untuk mengobatinya dengan bahan alami di sekitar Anda.

Lidah Buaya

Kandungan dalam lidah buaya efektif mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang berasal dari cantengan. Anda hanya perlu mengaplikasikan gel lidah buaya pada cantengan. Diamkan dulu selama 20 menit lalu bilas dengan air. Untuk mendapat hasil maksimal, lakukan cara itu dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 5 Cara merawat kuku agar sehat dan terlihat lebih indah

Minyak Kelapa

Mengutip dari Pick A Remedy (pickaremedy.com), minyak kelapa jadi bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat cantengan. Bahan alami itu mengandung banyak antivirus sehingga cantengan bisa sembuh dengan lebih cepat.

Anda perlu menghangatkan minyak kelapa terlebih dahulu. Setelah itu, celupkan kapas dalam minyak kelapa itu lalu aplikasikan pada cantengan. Diamkan dulu hingga minyak kelapa benar-benar kering. Cobalah melakukan cara tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari supaya cantengan lebih cepat hilang.

Tea Tree Oil

Sama seperti minyak kelapa, tea tree oil mengandung banyak antivirus sehingga cocok dipakai untuk menyembuhkan cantengan. Selain melawan infeksi virus, tea tree oil juga efektif menghilangkan rasa sakit dan mempercepat proses penyembuhan.

Anda perlu mencampur tea tree oil dengan carrier oil terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan campuran minyak itu pada cantengan atau kulit yang terinfeksi menggunakan kapas bersih. Lakukan cara-cara tersebut beberapa kali dalam sehari hingga cantengan hilang.

Baca Juga: 4 Cara mengobati cantengan dengan bahan alami

Es Batu

Es batu bisa Anda manfaatkan sebagai obat cantengan.

Es batu tidak boleh Anda lewatkan sebagai obat cantengan. Pick A Remedy mengatakan bahwa suhu dingin yang berasal dari es batu mampu menurunkan rasa sakit yang Anda alami akibat cantengan. Namun, Anda perlu membalut es batu dengan kain.

Jika Anda mengaplikasikan es batu secara langsung, bagian terluar kulit Anda bisa iritasi dan cantengan yang Anda alami bisa semakin parah. Ulangi cara tersebut sesering mungkin supaya cantengan dapat sembuh dengan lebih cepat.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *