BERITAMUSI.COM –  JAKARTA. Rendahnya minat baca masyarakat menjadi perhatian banyak pihak akibat beberapa faktor. Hal ini mendorong PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) memberi bantuan becak listrik kepada Sutopo yang selama ini menjadi pegiat literasi di Yogyakarta sehingga diharapkan mampu mendorong minat baca dan memperluas literasi masyarakat.

Direktur Operasional Komersil Askrindo, Dwi Agus Sumarsono mengatakan upaya mencerdaskan anak bangsa menjadi perhatian bersama, termasuk Askrindo yang sudah menunjukkan kehadirannya di tengah masyarakat. 

“Lewat becak listrik ini kami berharap keinginan tersebut terutama literasi bagi masyarakat bisa tercapai,” ungkap Dwi Agus disela penyerahan Becak Listrik Perpustakaan kepada Sutopo di kantor cabang Askrindo Yogyakarta, seperti dikutip dari siaran pers, Rabu (23/3). 

Dwi Agus menjelaskan pihaknya sudah lama mengamati aktivitas Sutopo sebagai penarik becak sembari menjalankan aktivitas sebagai perpustakaan keliling. Bahkan, becaknya dipenuhi buku-buku dan menarik masyarakat terutama anak-anak ikut membaca. 

Baca Juga: AAJI proyeksi hasil investasi asuransi jiwa bakal tumbuh positif

Bahkan ada yang meminjam buku koleksinya untuk dibaca di rumah sehingga Askrindo berinisiatif untuk memberikan becak listrik perpustakaan karena lebih ramah lingkungan dan bisa menjangkau masyarakat lebih luas lagi.

“Kami sebelumnya berkonsultasi dengan tim teknis dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan setelah beberapa kali modifikasi lahirnya becak listrik ini yang diharapkan jangkauan lebih luas bagi masyarakat di Yogyakarta. Pemberian becak listrik bukan sekadar untuk memudahkan Bapak Sutopo mencari nafkah dan hemat tenaga, namun demi mencerdaskan kehidupan anak bangsa melalui membaca,” tandasnya.

Dia menambahkan selama ini Askrindo sudah banyak terlibat dalam kegiatan TJSL sebagaimana diamanatkan oleh Presiden agar BUMN hadir di tengah kehidupan masyarakat. Bahkan, bantuan becak listrik atau sarana lain di daerah lain namun dengan tetap menyesuaikan kebutuhan masyarakat setempat.

“Kebutuhan masyrakat satu dengan yang lain berbeda, namun Askrindo akan hadir demi memenuhi apa yang dibutuhkan masyarakat. Selain becak listrik, Askrindo juga membantu sarana dan prasarana menunjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) termasuk memberikan Mobil Pintar (MoPi) agar bisa menjangkau masyarakat di pelosok pelosok Indonesia,” pungkasnya.

Sementara itu Asisten Deputi Bidang Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kementerian BUMN Agus Suharyono, menjelaskan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian BUMN untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. Apalagi motivasi Sutopo sebagai penarik becak tidak semata uang namun menularkan semangat membaca bagi anak. Hal ini sangat unik dan harus didukung oleh seluruh BUMN agar kehadirannya bisa dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Di kala pandemi, milenial harus lebih cerdas dalam mengelola keuangan



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *