ILUSTRASI. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati

Reporter: Bidara Pink | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mempertahankan peringkat (rating) utang Indonesia pada posisi BBB, dengan tetap mempertahankan outlook yang stabil. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, dengan afirmasi peringkat Indonesia di level tersebut, berarti Fitch memandang Indonesia masih diminati (favorable). 

“Baik dari sisi pertumbuhan ekonomi (growth) dan rasio utang kita. Meski, Indonesia juga punya area yang masih perlu diperkuat, yaitu dari sisi ketergantungan terhadap pembiayaan eksternal,” ujar Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTa, Selasa (23/3). 

Sri Mulyani lalu memerinci beberapa alasan yang membuat lembaga pemeringkat tersebut mempertahankan peringkat utang Indonesia. 

Pertama, Indonesia dinilai mampu dalam menyerap shock akibat pandemi tanpa ada dampak negatif bagi trajectory perekonomian jangka menengah. 

Baca Juga: Fitch pertahankan peringkat utang Indonesia, ini kata Bank Indonesia

Kedua, dampak pandemi terhadap fiskal Indonesia lebih baik daripada negara sebaya, dengan skenario konsolidasi fiskal yang menjanjikan. 

Ketiga, Undang-Undang Cipta Kerja diperkirakan berdampak positif pada pertumbuhan jangka menengah. Pendirian Lembaga Pengelola Investasi (LPI) juga dinilai mampu mendukung pendanaan pembangunan ke depan. 

Ke depan pun, pemerintah akan terus mengupayakan perbaikan baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. Menurutnya, pemulihan kesehatan dan kebijakan makro bisa makin menjadi fondasi pemulihan ekonomi. 

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *