BERITAMUSI.COM – Jakarta. Penyakit radang sendi bisa disembuhkan dengan konsumsi obat-obatan. Obat radang sendi ada beragam. Kenali macam-macam obat radang sendi dan manfaatnya.

Artritis atau radang sendi adalah kelainan sendi yang menyebabkan area tempat bertemunya dua tulang ini mengalami peradangan. Saat meradang, bagian tubuh ini terasa sangat nyeri sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Dilansir dari MedicineNet, terdapat lebih dari 100 jenis radang sendi yang berhasil diidentifikasi para ahli. Jenis yang umum diderita antara lain osteoartritis karena kerusakan tulang rawan, rematik atau rheumatoid arthritis terkait penyakit autoimun, dan gout.

Melansir WebMD, penyebab radang sendi tergantung jenis penyakitnya. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab radang sendi antara lain:

  • Cedera
  • Kelainan metabolisme seperti kadar asam urat tinggi
  • Faktor keturunan
  • Infeksi virus dan bakteri
  • Gangguan sistem daya tahan tubuh

Saat terkena peradangan, biasanya tubuh akan melepaskan bahan kimia ke aliran darah atau jaringan tubuh. Bahan kimia ini meningkatkan aliran darah ke area yang cedera atau terinfeksi.

Imbasnya, area sendi yang meradang jadi kemerahan atau terasa hangat. Beberapa bahan kimia yang menyebabkan cairan bocor ke jaringan sendi juga dapat memicu pembengkakan. Proses ini memengaruhi saraf dan menimbulkan rasa sakit.

Baca juga: Asam urat kumat lagi? Ini cara meredakan nyeri asam urat dengan cepat

Obat radang sendi

Cara mengobati untuk radang sendi disesuaikan dengan jenis penyakit, usia, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan tingkat keparahan penyakit. Umumnya, pemberian obat radang sendi bertujuan untuk meredakan nyeri, mempertahankan gerakan sendi, dan menjaga kekuatan otot.

Berikut beberapa jenis obat radang sendi yang biasanya diresepkan oleh dokter beserta fungsinya:

1. Obat penghilang rasa sakit

Melansir Mayo Clinic, obat penghilang rasa sakit berfungsi untuk membantu mengurangi nyeri pada radang sendi, tapi tidak mengatasi peradangan. Contoh obat penghilang rasa sakit yang dijual tanpa resep dokter yakni acetaminophen (Tylenol, dll).

Apabila nyeri terasa parah dan obat penghilang rasa sakit biasa tidak mempan mengurangi rasa sakit, dokter biasanya meresepkan obat jenis opioid seperti tramadol (Ultram, ConZip), oxycodone (OxyContin, Roxicodone), atau hidrokodon (Hysingla, Zohydro ER).

Hal yang perlu diperhatikan, obat jenis opioid perlu pengawasan dokter. Obat yang bekerja pada sistem saraf pusat ini apabila digunakan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan ketergantungan.

Simak daftar obat radang sendi lain di halaman selanjutnya



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *