BERITAMUSI.COM –¬†SEOUL. Sehari setelah militer Korea Utara menembakkan dua rudal, Pemimpin Kim Jong Un muncul ke publik saat menghadiri upacara peletakan batu pertama pembangunan 10.000 apartemen di Pyongyang pada Senin (23 Maret).

Mengutip laporan Yonhap, foto-foto yang kantor berita Korea Utara, Korean Central News Agency (KCNA) rilis menunjukkan Kim Jon Un saat menghadiri dan berpidato di upacara peletakan batu pertama pembangunan 10.000 apartemen itu. 

Foto lainnya memperlihatkan ribuan pekerja dan penduduk Korea Utara menghadiri upacara tersebut.

Korea Utara menembakkan dua rudal jelajah di lepas pantai Barat mereka ke Laut Kuning pada Minggu (22 Maret), Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan mengatakan Rabu (24 Maret).

Baca Juga: Korea Utara tembakkan 2 rudal jelajah, uji coba pertama dalam setahun terakhir

Itu merupakan uji coba rudal pertama Korea Utara dalam satu tahun terakhir, yang dipandang bertujuan untuk menguji Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden tanpa terlalu provokatif.

“Kami mendeteksi dua proyektil yang diduga rudal jelajah yang ditembakkan dari Onchon, daerah pelabuhan Barat Korea Utara pada Minggu pagi,” kata seorang perwira JCS, seperti dikutip Yonhap.

Kim Jong Un tampaknya tidak mengawasi secara langsung peluncuran rudal terbaru itu, menurut sumber Yonhap.

Kembali tembakkan rudal

Tiga hari setelah kemunculan Kim Jong Un, Kamis (26 Maret), Korea Utara kembali menembakkan apa yang tampak seperti dua rudal balistik jarak pendek ke Laut Jepang, JCS mengungkapkan.

Rudal tersebut ditembakkan dari Kota Hamju, Provinsi Hamgyong Selatan, pada pukul 7:06 dan 7:25 pagi kemudian terbang sekitar 450 kilometer dengan ketinggian 60 kilometer.

Baca Juga: Bikin cemas! Korea Utara tembakkan dua rudal balistik ke Laut Jepang



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *