ILUSTRASI. Bursa Arab. REUTERS/Ahmed Yosri TPX IMAGES OF THE DAY

Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

BERITAMUSI.COM – RIYADH. Bursa saham Arab Saudi, Tadawul, telah memperluas akses short-selling dan stock-lending, sembari memperketat aturan lain terkait aktivitas tersebut. Mulai 25 Maret, semua investor yang memenuhi syarat di pasar Saudi diizinkan untuk menjual saham apa pun, kata Tadawul dalam sebuah pernyataan di situs web bursa.

Namun, aturan baru menetapkan bahwa rasio pendek terhadap volume harian rata-rata yang diperdagangkan dari sekuritas apa pun tidak boleh melebihi 10 hari dan total posisi pendek bersih tidak boleh melebihi 10 persen dari free float.

Penyempurnaan juga telah dilakukan pada aturan agunan untuk sekuritas pinjaman dan pinjaman tersebut. Perubahan tersebut dilakukan untuk mengembangkan lingkungan regulasi yang konsisten dengan praktik terbaik internasional dan untuk memberikan “suasana yang memotivasi dan kompetitif dengan keandalan yang tinggi,” kata Tadawul dalam pernyataannya.

Baca Juga: Harga minyak mentah naik tipis, di tengah tekanan kasus Covid-19 di Eropa

Tadawul menjadi bursa Teluk pertama yang mengizinkan short selling untuk investor institusional pada April 2017 karena memperkenalkan sejumlah perubahan ke pengadilan investor internasional.

MSCI meningkatkan Arab Saudi dari “pasar mandiri” menjadi “pasar berkembang” pada Juni 2018 dan menjadi anggota penuh Indeks Pasar Berkembang MSCI pada Agustus 2019 dengan bobot 2,8 persen.
Tadawul dan Securities Depository Center, Edaa melakukan konsultasi perubahan terkini pada Februari 2020.

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *