Surya Aditya, pendiri usaha kerajinan perak Sweda di Kotagede, Yogyakarta.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Markus Sumartomjon

BERITAMUSI.COM – YOGYAKARTA (Bangga Buatan Indonesia). Sweda lahir dari kegelisahan Surya Aditya yang melihat industri perak di Kotagede, Yogyakarta, mulai ditinggalkan oleh para perajinnya. Kebetulan, pria 26 tahun asal Kotagede ini gemar memakai cincin perak.

Saat ingin memiliki cincin perak, ia merasa kurang pas dengan produk yang ada. Akhirnya, dia mendesain sendiri cincin perak keinginannya dan membawanya ke perajin perak yang berdekatan dengan tempat tinggalnya di sekitar Kotagede.

Ketika memakai cincin tersebut,  tak disangka, teman kuliah Surya di Institus Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta kepincut. Melihat respon sang teman, Surya mulai terbesit keinginan membuka usaha kerajinan perak pada 2014.

Karena tahu kondisi pasar kerajinan perak yang kurang kondusif di pasar dalam negeri, ia langsung memanfaatkan sarana digital untuk pemasaran satu tahun kemudian.  Saat melakukan pemasaran via digital, terutama di Instagram, ia juga merap beriklan di media sosial tersebut.

Logo Jagoan Lokal Joglo Semar

Upaya lain yang ia lakukan adalah dengan menjalin kerjasama dengan para seniman, artis mural, hingga orang terpandang. Bentuknya, produk kerajinan Sweda dipamerkan di masing-masing akun media sosial.

Hasilnya pun langsung terlihat. Pasar Sweda, yang artinya jari dalam bahasa Jawa kuno, mulai mendapat pembeli. Bahkan, Sweda dapat pasar utamanya dari Amerika Serikat.

Beberapa orang beken pun sudah memakai produknya. Sebut saja penyanyi Machine Gun Kelly, rapper Joey Badass, dan skateboarder Christian Hosoi.  Sedangkan di dalam negeri, Surya juga berkesempatan memberi sentuhan untuk pemenang kejuaran sepakbola nasional yakni Piala Presiden.

Jagoan Lokal – Joglo Semar: Liputan Bangga Buatan Indonesia merupakan liputan bersama BERITAMUSI, KOMPAS, Kompas.com dan Kompas TV untuk mendukung kemajuan UMKM Indonesia.

 

Selanjutnya:

 

 

 

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *