BERITAMUSI.COM – Ada banyak jenis kecerdasan manusia yang membuat setiap orang memiliki cara belajar yang berbeda. Itulah mengapa ada orang yang unggul di bidang-bidang tertentu namun di sisi lain mereka tidak mahir di bidang lainnya.

Jenis kecerdasan manusia yang beragam ini pertama kali dicetuskan oleh psikolog asal Amerika Serikat, Howard Gardner. Dia mencetuskan konsep kecerdasan manusia ini pada 1983 silam.

Dari konsep tersebut, muncul jenis-jenis kecerdasan manusia yang berjumlah sembilan. Dengan tahu jenis kecerdasan yang dimiliki, Anda bisa menyesuaikan cara belajar.

Apa saja jenis kecerdasan yang dimiliki manusia? Bersumber dari Cleverism dan Edutopia, berikut sembilan jenis kecerdasan manusia: 

  • Kecerdasan logis-matematis 

Orang yang memiliki kecerdasan logis-matematis memungkinkan mereka unggul di bidang yang berhubungan dengan angka dan rumus. 

Mereka senang dengan angka dan sangat mudah menyelesaikan hal-hal yang berkaitan dengan hitungan dan angka. 

Baca Juga: Daftar ulang calon mahasiswa ITB jalur SNMPTN 2021, berikut tahapan dan jadwalnya

Jika kecerdasan manusia jenis logika unggul di angka, maka kecerdasan linguistik unggul di bahasa. Orang yang memiliki kecerdasan linguistik lebih mahir mengaplikasikan bahasa.

Mereka biasanya memiliki kemampuan untuk mempersuasi orang lain. Orang dengan kecerdasan linguistik juga gemar membaca dan menulis.

  • Kecerdasan visual-spasial

Kecerdasan manusia selanjutnya adalah visual-spasial. Orang memiliki jenis kecerdasan ini mudah mengimajinasikan sesuatu dalam bentuk visual. 

Mereka juga lebih peka terhadap lingkungan sekitar serta memiliki daya imajinasi yang tinggi. Biasanya orang dengan kecerdasan-spasial mudah mengingat arah dan gemar menggambar. 

Baca Juga: 20 Provinsi dengan siswa terbanyak diterima SNMPTN 2021, Jawa Timur paling banyak



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *