ILUSTRASI. Di pasar spot, Jumat (26/3), rupiah ditutup menguat 0,06% ke Rp 14.418 per dolar AS.

Reporter: Danielisa Putriadita | Editor: Wahyu T.Rahmawati

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Perkembangan kasus Covid-19 di kawasan Eropa dan ekspektasi kenaikan inflasi Amerika Serikat (AS) menjadi faktor utama penggerak nilai tukar rupiah di awal pekan. 

Di pasar spot, Jumat (26/3), rupiah ditutup menguat 0,06% ke Rp 14.418 per dolar AS. Kompak, kurs rupiah Jisdor juga menguat 0,12% ke Rp 14.446 per dolar AS.

Ekonom Bank Mandiri Reny Eka Puteri mengatakan pelaku pasar masih akan mengantisipasi seperti apa pernyataan bank sentral AS Federal Reserve mengenai ekspektasi inflasi AS. Jika The Fed membiarkan ekspektasi inflasi AS terus meningkat maka bisa meningkatkan yield US Treasury dan menghadirkan risiko baru bagi rupiah. 

Selain itu, perkembangan kasus Covid-19 di Eropa yang meningkat berpotensi meningkatkan permintaan dollar AS sebagai aset safe haven. Sementara dari dalam negeri, belum ada data ekonomi yang bisa menyokong nilai tukar rupiah.

Baca Juga: IHSG diprediksi menguat terbatas pekan depan, berikut sentimen yang perlu dicermati

Analis Monex Investindo Futures Andian Wijaya memproyeksikan rupiah masih akan melemah terhadap dolar AS di awal pekan. Faktor utama yang menekan rupiah adalah dolar AS didukung optimisme pemulihan ekonomi AS yang terjadi lebih cepat dari prediksi. Apalagi setelah pemerintah AS meluncurkan stimulus fiskal yang sangat besar. 

Reny memproyeksikan pergerakan rupiah di Senin (29/3) konsolidasi di rentang Rp 14.395 per dolar AS-Rp 14.443 per dolar AS. Sementara, Andian mengekspektasi rentang rupiah di Rp 14.350 per dolar AS-Rp 14.500 per dolar AS. “Dengan bertahan di atas Rp 14.280 akan sulit bagi rupiah untuk kembali menguji ke bawah Rp 14.000,” kata Andian. 

Baca Juga: Permintaan Dollar AS Kuat, Kurs Rupiah Pekan Ini Stagnan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *