ILUSTRASI. Kapal terdampar Ever Given, salah satu kapal kontainer terbesar di dunia, terlihat setelah kandas, di Terusan Suez, Mesir 28 Maret 2021.

Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

BERITAMUSI.COM – KAIRO. Kapal kontainer Ever Given yang memblokir Terusan Suez akhirnya mulai bergerak dan kini sedang diamankan. Dengan ini jalur perdagangan vital tersebut diharapkan bisa segera dibuka kembali.

Melansir Reuters, kapal berhasil diapungkan kembali pada pukul 4:30 pagi waktu setempat. Kabar ini juga disampaikan langsung oleh jasa pengiriman Inchcape melalui Twitter.

Layanan pelacakan kapal VesselFinder juga telah mengubah status kapal yang sedang berlangsung di situs webnya.

Kapal Ever Given sepanjang 400 meter telah hampir seminggu lamanya macet secara diagonal di jalur utama Terusan Sues. Tersangkutnya Ever Given praktis menghentikan lalu lintas pengiriman pada rute pengiriman terpendek antara Eropa dan Asia.

Baca Juga: Akibat kesalahan teknis, kapal kontainer sepanjang 400 meter blokir Terusan Suez

Reuters melaporkan ada 369 kapal menunggu untuk transit di kanal, termasuk puluhan kapal kontainer, kapal curah, kapal tanker minyak dan kapal gas alam cair (LNG) atau gas alam cair (LPG).

Otoritas Terusan Suez sebelumnya mengatakan bahwa operasi penarikan untuk membebaskan kapal telah dilanjutkan. Tim penyelamat Terusan Suez meningkatkan penggalian dan pengerukan pada hari Minggu (28/3) dan berharap air pasang akan membantu mereka mengeluarkannya.

Sejak kabar bergeraknya Ever Given beredar, harga minyak mentah mulai turun. Tercatat minyak mentah Brent turun US$ 1 per barel menjadi US$ 63,67.






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *