ILUSTRASI. Mulai 1 April 2021 mendatang, pemberian perluasan insentif fiskal melalui instrumen pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM) terhadap mobil berkapasitas 1.501 cc sampai 2.500 cc akan berlaku.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Mulai 1 April 2021 mendatang, pemberian perluasan insentif fiskal melalui instrumen pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM) terhadap mobil berkapasitas 1.501 cc sampai 2.500 cc akan berlaku. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut, kebijakan yang telah diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas ini memiliki dua skema yang berlaku pada mobil berpenggerak 4×2 dan 4×4. 

Pertama, untuk kendaraan 4×2 diberikan diskon PPnBM sebesar 50% dimana tarif semula 20 persen akan menjadi 10% selama periode April-Agustus 2021.

Lalu pada tahap kedua, yakni September-Desember 2021, PPnBM jenis mobil ini menjadi 15%. Sementara skema bagi kendaraan berpenggerak 4×4 adalah diskon sebesar 25% di tahap pertama, dari 40% jadi 30%. Kemudian lima bulan setelahnya, tarif yang dikenakan jadi 35%. 

Baca Juga: Diskon pajak PPnBM 50 persen, harga Innova diprediksi turun hingga Rp 40 juta

Kendati demikian, tidak semua kendaraan terkait bisa menikmati insentif dimaksud. Sebab, harus memenuhi syarat tertentu seperti local purchase minimum 60%. 

Lantas, mobil jenis apa saja yang bakal mendapatkan insentif ini? 

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ada beberapa mobil yang masuk kriteria dengan kapasitas mesin di atas 1.501-2.500 cc.

Pada merek mobil Toyota, ada dua model yang bisa memanfaatkannya yaitu Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Bahkan, pihak Toyota Sales Operation saat ini sudah mengonfirmasinya melalui penerbitan Surat Keputusan No.SK/001/TSO.OPR/IV/2021. 

Baca Juga: Harga mobil bekas Toyota Avanza kian ekonomis di akhir Maret 2021

Secara umum, harga Innova di wilayah Jabodetabek bakal turun sampai Rp 32 juta. Sementara Fortuner harganya dapat penyesuaian sampai selisih Rp 40 jutaan dari banderol sebelumnya. Tetapi, khusus Fortuner berbahan bakar bensin tidak mendapatkan insentif karena melewati batas kategori mesin (di atas 2.500 cc) walau tingkat local purchase dan TKDN telah mencapai 70%. 

Kemudian di pabrikan Honda, ada Honda CR-V dengan kapasitas mesin bensin 2.000 cc. Tapi hingga berita ini diterbitkan pabrikan belum bisa mengonfirmasinya karena menunggu putusan pemerintah atas batas tingkat TKDN. 

Terakhir ada Mitsubishi Pajero Sport yang memiliki kapasitas mesin 2.400 cc dan 2.500 cc. Namun belum ada informasi lebih jauh dari pabrikan mengenai pemenuhan syarat local purchase.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Mobil Apa Saja yang Dapat Diskon PPnBM untuk Kubikasi Mesin 2.500 cc?”
Penulis : Ruly Kurniawan
Editor : Aditya Maulana

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *