ILUSTRASI. Aturan perjalanan di dalam negeri diperbarui mulai 1 April, cermati syarat-syaratnya. Serambi Indonesia/Hendri

Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

BERITAMUSI.COM – Jakarta. Pemerintah memperbarui syarat perjalanan orang dalam negeri di masa pandemi Covid-19. Syarat perjalanan tersebut tersebut berlaku untuk semua moda transportasi, baik kereta api, kendaraan pribadi, pesawat dll mulai 1 April 2021.

Syarat perjalanan baru tersebut tercantum dalam SE Nomor 12 Tahun 2021. SE itu mengatur tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri Masa Pandemi Covid-19 yang ditandatangani Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo pada 26 Maret 2021.

syarat perjalanan terbaru

Berikut syarat perjalanan orang dalam negeri terbaru yang akan berlaku mulai 1 April 2021 seperti dikutip dari SE 12/2021?

1. Setiap individu yang melaksanakan perjalanan wajib menerapkan dan mematuhi protokol 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta mencuci tangan.

2. Pengetatan protokol kesehatan yang perlu dilakukan, yakni:

  • Memakai masker wajib dilakukan dengan benar menutupi hidung dan mulut
  • Jenis masker yang digunakan pelaku perjalanan adalah masker kain 3 lapis atau masker medis
  • Tidak diperkenankan berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun sepanjang perjalanan dengan moda transportasi umum darat, perkeretaapian, laut, sungai, danau, penyeberangan dan udara
  • Tidak diperkenankan makan dan minum sepanjang perjalanan penerbangan bagi perjalanan kurang dari 2 jam terkecuali individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan membahayakan keselematannya.

Baca juga: Data terkini! Daftar 44 stasiun yang buka layanan cek GeNose C19 untuk naik kereta

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *