ILUSTRASI. Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC), pusat kendali lalu lintas jalan tol berbasis Intelligent Transportation System.

Reporter: Benedicta Prima | Editor: Wahyu T.Rahmawati

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Di akhir September 2020, jalan Tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu yang dikelola oleh PT Jasa Marga Tbk (JSMR) diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. 

Dengan beroperasinya jalan Tol Manado-Bitung ruas Danowudu sepanjang 26,35 km dan jalan Tol Pandaan-Malang seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 km pada April 2020, Jasa Marga memiliki total 1.191 km jalan tol operasi yang tersebar di seluruh Indonesia pada akhir tahun 2020.

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan mengatakan, JSMR juga berkomitmen untuk terus menambah konsesi jalan tol yang dimilikinya. Pada November 2020, JSMR selaku pemegang saham mayoritas sebesar 60% membentuk entitas perusahaan baru bernama PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), yang akan mengelola jalan Tol Yogyakarta-Bawen. 

Jalan tol sepanjang 75,82 km ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 14,26 triliun dengan masa konsesi 40 tahun. Jalan Tol Yogyakarta-Bawen akan melintasi dua provinsi sekaligus, yaitu Provinsi Jawa Tengah sepanjang 67,05 km dan Daerah Istimewa Yogyakarta sepanjang 8,77 km. 

Baca Juga: Meski ada larangan mudik, analis masih rekomendasikan saham Jasa Marga (JSMR)

“Dengan penambahan konsesi Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, maka hingga akhir tahun 2020, konsesi jalan tol perseroan di seluruh Indonesia mencapai 1.603 km,” jelas Agus dalam keterangan resmi, Selasa (30/3). Tidak hanya fokus di bisnis inti yaitu jalan tol operasi dan konsesi jalan tol yang dimiliki, JSMR juga terus meningkatkan pencapaian dari anak usaha pendukung pengoperasian jalan tol. 

Jasa Marga memiliki bisnis pendukung yaitu seperti layanan transaksi dan layanan lalu lintas melalui PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) dan layanan pemeliharaan dan konstruksi jalan tol melalui PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM). Selain itu, Jasa Marga juga memiliki satu anak usaha untuk mendukung bisnis prospektif yang bergerak di bidang pengembangan bisnis di koridor jalan tol yaitu PT Jasamarga Related Business (JMRB). Tiga anak usaha Jasa Marga tersebut memberikan kontribusi 8,60% dari total pendapatan usaha tahun 2020.

Hingga akhir tahun 2020, PT JMTO telah mengoperasikan jalan tol sepanjang sepanjang 1.539 km. PT JMTO mengoperasikan berbagai ruas, tidak hanya yang dikelola oleh Jasa Marga Group, melainkan juga yang dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol lainnya, yang mencakup wilayah Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Jabotabekdung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur hingga Sulawesi Utara. 

Baca Juga: Trafik jalan tol milik Jasa Marga (JSMR) turun di kuartal pertama 2021

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *