ILUSTRASI. Gedung Putih pada Senin (29/3/2021) mengatakan, Presiden AS Joe Biden tidak berniat untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. KCNA via REUTERS

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

BERITAMUSI.COM – WASHINGTON. Gedung Putih pada Senin (29/3/2021) mengatakan, Presiden AS Joe Biden tidak berniat untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.

Melansir Reuters, saat ditanya apakah pendekatan diplomatik Biden ke Korea Utara akan mencakup “duduk bersama Presiden Kim Jong Un” seperti yang dilakukan mantan Presiden Donald Trump, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki berkata, “Saya pikir pendekatannya akan sangat berbeda dan itu bukan niatnya.”

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Korea Utara meluncurkan jenis baru rudal balistik taktis jarak pendek minggu lalu. Hal ini mendorong Washington untuk meminta pertemuan komite sanksi Dewan Keamanan PBB (DK PBB), yang kemudian mengkritik uji coba tersebut.

Biden pada hari Kamis mengatakan Amerika Serikat tetap terbuka untuk diplomasi dengan Korea Utara meskipun negara tersebut melakukan uji coba rudal balistik. Akan tetapi, AS memperingatkan akan ada tanggapan lain jika Korea Utara meningkatkan masalah.

Korea Utara pada hari Sabtu mengatakan pemerintah Biden telah mengambil langkah pertama yang salah dan mengungkapkan “permusuhan yang mendalam” dengan mengkritik apa yang disebut uji coba rudal pertahanan diri.

Trump mengadakan tiga pertemuan penting dengan Kim, dan bertukar serangkaian surat. Akan tetapi, hubungan keduanya kemudian membeku, dan negara bersenjata nuklir itu mengatakan tidak akan terlibat lebih jauh kecuali Amerika Serikat membatalkan kebijakan permusuhannya.

 

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *