ILUSTRASI. Uang rupiah.

Reporter: Achmad Jatnika, Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Kurs rupiah terus melemah pada Selasa (30/3) pagi. Mengutip Bloomberg pada pukul 11.12 WIB, rupiah berada di level Rp 14.473 per dolar AS.

Artinya rupiah sudah melemah 0,19% dari penutupan perdagangan kemarin di level Rp 14.445 per dolar AS.

Menurut Analis Global Kapital Investama Alwi Assegaf, saat ini rupiah masih dalam kondisi tertekan terhadap dolar AS, karena sentimen ekspektasi pemulihan ekonomi Amerika yang lebih cepat dibandingkan dengan negara lainnya, membuat dana lebih banyak yang parkir di AS.

Baca Juga: Balik melemah, berapa kurs dollar-rupiah di Bank Mandiri hari ini, Selasa 30 Maret?

“Beberapa data ekonomi, seperti adanya data dari jobless claim yang lebih baik dari perkiraan, bahkan jobless claim turun ke level terendah ke level pra pandemi. Lalu, ada beberapa faktor lainnya yang mendukung dolar, seperti datangnya pernyataan dari presiden AS Joe Biden yang dalam konferensi pers, ia berencana menggandakan vaksinasi setelah sebelumnya sudah mencapai target,” katanya.

Selain itu, menurutnya belum ada data ekonomi dalam negeri yang dirilis dan fokus pasar masih tertuju pada dolar AS, sehingga rupiah masih akan terseok-seok di esok hari.

Ia memproyeksikan rupiah akan  bergerak resisten di Rp 14.475 per dolar AS, dan support Rp 14.425 per dolar AS.

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *