ILUSTRASI. Gubernur Bank Negara Malaysia Nor Shamsiah Mohd Yunus

Reporter: Anna Suci Perwitasari | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAMUSI.COM – KUALA LUMPUR. Bank Negara Malaysia memprediksi, pertumbuhan ekonomi Malaysia di tahun ini akan berada di kisaran 6%-7,5%. 

Bank sentral Malaysia tersebut mengatakan, proyeksi ini merupakan rebound dari kontraksi ekonomi tahun lalu yang didorong oleh peningkatan permintaan eksternal dan peningkatan investasi serta produksi. 

“Produk domestik bruto akan mencapai level sebelum pandemi Covid-19 melanda pada pertengahan tahun, meskipun risiko penurunan tetap ada karena pandemi masih berlangsung,” kata Bank Negara Malaysia dalam laporan tahunannya, Rabu (31/3).

“Jalan pemulihan akan bertahap dan tidak merata di seluruh sektor ekonomi, dan mungkin menghadapi hambatan kecepatan di sepanjang jalan,” kata Gubernur Nor Shamsiah Mohd Yunus dalam laporan yang dikutip dari Reuters tersebut.

Baca Juga: Marah, Filipina kirim pesawat tempur untuk melawan China

Bank sentral Malaysia ini sebelumnya memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Negeri Jiran berada di level 6,5% hingga 7,5%.

Ekonomi Malaysia menyusut 5,6% pada tahun 2020. Ini adalah kontraksi paling akut yang diderita Malaysia sejak Krisis Keuangan Asia pada tahun 1998.

Bank sentral mengatakan, kebijakan moneter di tahun 2021 akan tetap akomodatif untuk mendukung pemulihan ekonomi yang berkelanjutan pasca pandemi.

Gubernur Nor Shamsiah juga mengatakan, rencana untuk melipatgandakan inisiatif ekonomi digital, termasuk perizinan untuk bank digital dan layanan pembayaran online akan dilakukan.

 

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *