ILUSTRASI. Temuan serpihan pesawat Sriwijaya Air PK-CLC nomor penerbangan SJ 182 rute Jakarta-Pontianak

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Anna Suci Perwitasari

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Kotak hitam atau black box yang berisi cockpit voice recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182 telah berhasil ditemukan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan ditemukannya CVR ini, maka akan memperlengkap data yang telah ditemukan melalui flight data recorder (FDR) pada 12 Januari silam.

“Data itu tentu berharga dan KNKT sudah menemukan banyak hal dari FDR, tetapi FDR itu akan paripurna apabila dilakukan suatu penggabungan apa yang terjadi di kokpit yaitu pembicaraan antar pilot dan co-pilot dan itu akan melengkapi data dari FDR itu,” kata dia, Rabu (31/3).

Budi mengatakan, CVR  ini ditemukan pada Selasa (30/3) pukul 20.00 WIB di tempat yang tidak jauh ditemukan dari FDR.  Penemuan CVR ini pun sudah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo dan CVR ini segera diberikan ke Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk ditindaklanjuti.

Baca Juga: CVR black box Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan

“Harapan kami KNKT bisa melakukan sebuah penelitian detail dan bisa membagikan informasi tentang apa yang ditemukan dalam CVR ini,” ujar Budi.

Dia pun mengungkap terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pencarian ini. Lebih lanjut Budi bilang, hasil yang didapatkan ini menunjukkan bahwa semua pihak melakukan upaya pencarian yang sungguh-sungguh dan dilakukan dengan koordinasi yang intensif.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *