Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Noverius Laoli

BERITAMUSI.COM –  JAKARTA. Hanya memiliki ijazah SMK tak membuat Arfi’an Fuadi minder dalam berkarya. Berlatar kegemarannya dalam bidang desain, pria yang berasal dari Salatiga tersebut sukses mengerjakan proyek desain produk teknologi dari berbagai penjuru dunia.

Bahkan saat ini. Dtech Engineering, perusahaan yang dirintisnya, tengah mengembangkan teknologi tinggi yang mendorong penciptaan inovasi.

Pria berusia 35 tahun itu menyebut tak perlu minder menjadi lulusan SMK yang tinggal di Indonesia. Menyabet dua kali juara pertama dalam lomba yang diselenggarakan General Electric memberikan pembuktian kemampuan insan Indonesia mengalahkan tim riset dari berbagai negara.

“Jangan inferior, kebanyakan anak muda Indonesia inferior ketemu bule aja merasa mereka lebih pintar jadi inferior tidak percaya diri. Saya bilang, ide itu bisa datang dari mana saja,” ujar Arfi’an kepada BERITAMUSI.

Baca Juga: Kemperin siap bersinergi dengan startup menyambut roadmap industry 4.0

Arfi’an berharap siswa SMK ke depan dapat menjadi sumber daya manusia yang handal dalam inovasi. Paradigma pendidikan SMK tidak lagi ditujukan hanya untuk operator.

Sehingga nantinya indeks inovasi Indonesia bisa meningkat dan bersaing dengan negara-negara di dunia. Meningkatnya inovasi akan memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Saat ini Indonesia masih dikenal sebagai importir teknologi. Namun, dengan mendorong inovasi, Arfi’an optimis Indonesia bisa bersaing dengan negara seperti Amerika Serikat, Jerman, dan China.

 






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *