ILUSTRASI. Harga minyak turun setelah adanya laporan bahwa lalu lintas Terusan Suez mulai dibuka.

Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Harga minyak melanjutkan pelemahan yang terjadi kemarin. Harga minyak turun setelah adanya laporan bahwa lalu lintas Terusan Suez mulai dibuka.

Penguatan nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) pun menjadi pemberat harga komoditas secara umum. Penguatan dolar menyebabkan harga minyak dalam dolar lebih mahal untuk mata uang lain.

Rabu (31/3) pukul 7.30 WIB, harga minyak west texas intermediate (WTI) kontrak Mei 2021 di pasar Nymex berada di US$ 60,50 per barel, turun tipis 0,08% dari harga penutupan perdagangan kemarin.

Sedangkan harga minyak brent kontrak Mei 2021 di ICE Futures berada di US$ 64,14 per barel. Harga minyak acuan internasional ini sama dengan harga penutupan perdagangan kemarin. 

Baca Juga: Rupiah berpotensi kembali melemah pada Rabu (31/3), terseret sentimen global

Dalam dua hari, harga minyak brent turun 1,29%. Sedangkan harga minyak WTI turun 1,72%.

Meski melemah di perdagangan terakhir kuartal pertama 2021, harga minyak WTI tercatat melonjak 24,25% dalam tiga bulan sejak akhir 2020. Sedangkan kenaikan harga minyak brent pada kuartal pertama ini mencapai 23,87%.

Investor mengalihkan fokus ke pertemuan menteri OPEC+ pada hari Kamis (1/4). Analis memperkirakan kelompok tersebut akan memperpanjang pembatasan pasokan karena prospek permintaan yang redup.

Kapal-kapal bergerak melalui Terusan Suez lagi sehari setelah kapal tunda mengapungkan kembali Ever Given yang telah memblokir jalur tersebut selama hampir seminggu. Otoritas setempat menyebut, penumpukan 422 kapal bisa dibersihkan dalam 3,5 hari.

“Kenaikan harga yang terakumulasi selama blokade Suez, seperti yang diharapkan, berumur pendek dan sekarang terhapus dengan kembali ke lalu lintas normal secara bertahap,” kata Louise Dickson, analis pasar minyak Rystad Energy kepada Reuters.

Baca Juga: Harga CPO turun, ini penyebabnya

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *