BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19. Jika Anda belum mendapatkannya, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan supaya nantinya efektivitas vaksin bisa tinggi.

Melansir Best Life (bestlifeonline.com), mengonsumsi jenis vitamin tertentu mampu memperkuat sistem imun tubuh. Saat daya tahan tubuh Anda kuat, respon terhadap vaksin Virus Corona pun meningkat. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih siap melawan serangan virus di kemudian hari.

Selain mengonsumsi vitamin, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi suplemen mineral tertentu. Tujuannya masih sama, yaitu memperkuat daya tahan tubuh. Selain mengonsumsi jenis vitamin atau suplemen berikut, ada baiknya bagi Anda untuk menerapkan pola hidup sehat yang lain.

Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang sudah banyak dikenal sebagai peningkat daya tahan tubuh. Selain itu, masih banyak fungsi lain yang dimiliki vitamin C. Mulai dari melawan serangan radikal bebas di tubuh, membentuk otot, memproduksi kolagen, dan lain sebagainya.

Dengan mengonsumsi vitamin C secara rutin, sistem imun menjadi lebih kuat sehingga infeksi penyakit lebih mudah dilawan. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan apakah vitamin C bisa meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 atau tidak.

Baca Juga: Desakan pengendalian konsumsi rokok di era pandemi Covid-19 menguat

Vitamin K2

Selain vitamin C, vitamin K2 juga dibutuhkan tubuh untuk menjaga kekuatan sistem imun tubuh. Mengutip dari Best Life, jenis vitamin itu juga mampu memperkuat tulang dan berpengaruh pada penggumpalan darah. Anda bisa mengonsumsi vitamin K2 dalam bentuk suplemen atau makanan fermentasi.

Omega-3

Omega-3 dalam minyak ikan bisa meningkatkan efek vaksin Covid-19.

Tak hanya beberapa vitamin yang telah disebutkan, suplemen omega-3 juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Ada banyak jenis makanan yang mengandung omega-3. Mulai dari kedelai, minyak ikan cod, atau jenis minyak yang lain.

Baca Juga: Stok Vaksin Menipis, Menkes Optimistis Vaksinasi Covid-19 Gapai 1 Juta Orang per Hari

Zinc

Supaya sistem imun sebelum mendapat suntikan vaksin Covid-19 menjadi lebih kuat, cobalah untuk mengonsumsi zinc. Jenis mineral itu mampu memecah protein dalam virus atau bakteri sehingga penyebaran virus dapat berkurang.

Jika Anda ingin mengonsumsi vitamin atau suplemen itu, usahakan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya. Tujuannya agar tidak ad efek samping yang tidak Anda inginkan terjadi. Selain itu, pastikan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari infeksi Virus Corona.

Editor: Belladina Biananda



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *