ILUSTRASI. Pabrik Kimberly-Clark Softex.

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Khomarul Hidayat

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) meresmikan penggunaan 1.548 panel fotovoltaik yang terpasang di atap pabrik Sidoarjo. Inisiatif ini dilakukan sebagai wujud komitmen perusahaan untuk secara bertahap mengalihkan sumber energinya menjadi energi terbarukan

Hendra Setiawan, Presiden Direktur Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) mengatakan, pihaknya memandang penerapan praktik sosial, tata kelola perusahaan yang baik (good governance), dan praktik lingkungan sebagai suatu hal yang penting di dalam kegiatan operasional.

“Penerapan PLTS ini menandai terobosan baru dalam perjalanan keberlanjutan kami demi mempercepat progres untuk mendukung kebijakan energi nasional, yaitu mencapai 23% EBT pada tahun 2025,” kata Hendra dalam keterangan tertulis yang dirilis Kamis (1/4).

Pembangunan  instalasi PLTS Atap di salah satu pabrik Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia)  di Sidoarjo dilakukan dengan menggandeng startup lokal di bidang energi terbarukan, Xurya Daya Indonesia. Instalasi ini mulai dibangun pada bulan Oktober 2020 dan resmi beroperasi pada 29 Januari 2021.

Baca Juga: Kimberly-Clark Softex raih sertifikasi Planet MarkTM 4 tahun berturut-turut

Instalasi ini diklaim mampu menghasilkan energi bersih sebesar 630 kWp, atau setara dengan menanam 10.381 pohon selama 10 tahun jika dibandingkan dengan jumlah karbon dioksida (CO2) yang dapat terserap.

Berdasarkan hitungan Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) , Instalasi ini akan menggantikan penggunaan energi konvensional sebesar 887.922 kWh di dalam pabrik perusahaan setiap tahunnya, serta mengurangi produksi CO2 sekitar 829.319 kg per tahun.

“Kami senang sekali dapat bekerja sama dengan Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) dalam memperluas penggunaan energi terbarukan,” tutur Managing Director Xurya Daya Indonesia, Eka Himawan, sebagaimana dikutip dari siaran pers.

Sedikit informasi, Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) telah memulai upaya jangka panjang untuk mengurangi dampak perubahan iklim dari operasional bisnisnya melalui berbagai investasi dalam program iklim dan energi di Indonesia.

Upaya ini telah membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan beraham sertifikasi dan penghargaan yang telah didapat oleh Kimberly-Clark Softex (PT Softex Indonesia) mulai dari sertifikasi keberlanjutan dari Planet Mark™ selama 4 tahun berturut-turut, penghargaan Indonesia Green Award 2020 untuk Program Terbaik dalam Pengelolaan Sampah Terpadu dan Silver Winner dari Asia’s Best Sustainability Report oleh Asia Sustainability Reporting Awards 2019.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *