BERITAMUSI.COM –  JAKARTA. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak para pemuda Muhammadiyah turut andil dalam membangun ketahanan nasional. Sigit mengingatkan bahwa Muhammadiyah merupakan bagian dari sejarah bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan. 

“Peran Pemuda Muhammadiyah dalam membangun ketahanan nasional. Menengok sejarah kemerdekaan RI bahwa Muhammadiyah dan Pemuda Muhammadiyah telah ikut dalam perjuangan merebut kemerdekaan dari penjajah,” kata Sigit dalam Tanwir 1 Literasi Kebangsaan Pemuda Muhammadiyah di Manado, Sulawesi Utara, dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (3/4/2021). 

Kapolri mengatakan, kebijakan politik pemerintah akan mempengaruhi sikap negara lain terhadap Indonesia. Karena itu, kata Sigit, lingkungan strategis dan ketahanan nasional harus mengikuti perkembangan situasi global, regional, dan nasional. 

Baca Juga: Tak perlu ke Samsat, mulai bulan depan perpanjangan SIM bisa dari rumah

“Kebijakan politik yang diambil oleh pemerintah akan mempengaruhi sikap negara lain terhadap Indonesia,” ujarnya. 

Selain itu, Sigit juga mengingatkan Pemuda Muhammadiyah turut membantu upaya penanggulangan Covid-19. Salah satunya dengan mendukung program vaksinasi nasional serta menyosialisasikan protokol kesehatan 3M. 

Dalam kesempatan yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto yang diwakili Pangkogabwilhan 2 Marsdya Imran Baidirus pun menyampaikan harapan agar Pemuda Muhammadiyah turut mendukung program vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan pemerintah. 

Imran sekaligus mengingatkan soal ancaman bencana alam di tanah air yang perlu jadi perhatian seluruh pihak. (Tsarina Maharani)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Acara Pemuda Muhammadiyah di Manado, Kapolri Ajak Bangun Ketahanan Nasional ”

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *