ILUSTRASI. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melepas 4,5% kepemilikannya di Golden Energy Mines (GEMS)

Reporter: Akhmad Suryahadi | Editor: Khomarul Hidayat

BERITAMUSI.COM – JAKARTA. PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA) melalui entitas anak yang dimiliki secara langsung yakni PT Golden Energy Resources Ltd (GEAR), melepas sebagian kepemilikan sahamnya di PT  Golden Energy Mines Tbk (GEMS).

Dalam keterbukannya di laman Bursa Efek Indonesia, Rabu (31/3), Sekretaris Perusahaan  DSSA Susan Chandra mengatakan, divestasi ini dilakukan atas 4,5% saham GEMS, atau setara 264,70 juta saham. Penjualan ini dilakukan kepada Ascend Global Investment Fund SPC-ASDP.

Dengan penjualan ini, kepemulikan GEAR di saham GEMS menyusut, dari semula 66,99% atau 3,94 miliar saham menjadi  62,5% atau setara 3,67 miliar saham. Sekretaris Perusahaan GEMS Sudin Sudirman menambahkan, transaksi yang dilakukan pada 30 Maret 2021 ini dilakukan pada harga Rp 2.715 per lembar saham.

Baca Juga: Dian Swastatika (DSSA) menjual saham anak usaha senilai US$ 394 juta

Hitungan BERITAMUSI.COM, transaksi jual beli ini bernilai Rp 718,67 miliar. “Tujuan dari transaksi untuk mendukung perseroan dalam rangka pemenuhan ketentuan free float, sehingga proses perdagangan sahamnya dapat kembali normal di Bursa,” tulis Sudin dalam keterbukaan informasi, Rabu (31/3).

Saat ini, saham GEMS masih terkena suspensi BEI karena tidak memenuhi free float (kepemilikan masyarakat) minimal 7,5%. Dengan adanya penjualan saham ini, maka porsi kepemilikan masyarakat naik dari semula 3,0% menjadi 7,5%. Sisanya merupakan kepemilikan  GEAR sebanyak 62,5% dan GMR Coal Resources Pte Ltd sebanyak 30%.

 

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!

Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di BERITAMUSI Store.





Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *